Kamis, 07 Januari 2010

Tahun Ini Tuna Wisma Gratis Berobat ^-^

Kesehatan merupakan Hak tiap warga negara, dan kejutan di awal tahun ini adalah pemerintah mengeluarkan statement menjamin kesehatan Gelandangan dan Orang kurang beruntung lainnya gratis untuk tahun 2010. Tentu suatu kabar yang membuat sumringah banyak pihak. Hal ini disampaikan oleh bu Menteri Kesehatan sendiri, Endang Rahayu saat ikut rapat terbatas bidang kesejahteraan bersama Presiden di Istana hari ini.

Demi terselenggaranya niatan baik yang merupakan implementasi dan pelaksanaan UU Sistem Jaminan Sosial Nasional, Departemen Kesehatan bekerja sama dengan Departemen Sosial. Fungsi DepSos disini adalah mendata dan memberi surat keterangan kepada para gelandangan untuk mendapatkan Jamkesmas pada RS negeri maupun swasta yang tergabung. Di Indonesia sendiri sudah 50,3 persen yang termasuk Jamkesmas, Askes, dan Jamsostek.

Hebatnya lagi, pemerintah meluncurkan program BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) yang targetnya 8500 Puskesmas di seluruh Indonesia. Pertahunnya Puskesmas mendapat bantuan 10 juta. dan dari 8500 itu 300 diantaranya dapat 100 juta perbulan selama 2010 ini! Puskesmas ini tersebar di 7 Kabupaten di 7 Regional, Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Tentu saja mengapa Puskesmas ini "spesial" ada program tersendiri. Bisa dibayangkan berapa bear anggarannya. Lebih dari itu, bu Menteri juga ingin tiap Puskesmas memiliki perencanaan sehingga tahu masalah di daerahnya dan mensinergikan dana BOK dengan anggaran lain termasuk Pemda.

Puskesmas sendiri fungsinya bukan cuma berobat, namun agar bisa tanggap persoalan kesehatan di wilayahnya. Terlebih Puskesmas juga membantu masyarakat di lingkungannya paham akan arti penting kesehatan. Menjaga diri sendiri dan orang terdekat demi masyarakat sehat.

Semoga bantuan ini bisa terlaksana dengan baik. Dan kita juga bisa membantu mengawasi realisasinya. Agar bantuan tepat sasaran dan efektif. Jangan sampai uang negara cuma habis buat memfasilitasi petingginya saja. Hehehe.. Semoga juga bisa ada pengembangan program pensejahteraan yang lain. Sukses Bu Menteri! ^^,

9 komentar:

  1. semoga bantuan ini segera terlaksana dan segera terealisasi yaaa, amin

    BalasHapus
  2. haaa...
    kyaknya ga menyelesaikan masalah...
    gmn kalo kasih mereka rumah aja..
    hehe...

    BalasHapus
  3. Amiin...
    Kita tunggu saja realisasinya ya La.. :)

    BalasHapus
  4. @Ria, amin.. moga aja sesuai dengan rancangan yang di bikin.

    @Dian, wah, negara kita bangkrutt ntar. hehehe.. tapi boleh juga. pake sistem kredit aja. hhe..

    @Nilna, yup. kita bantu awasi bersama. ^-^

    BalasHapus
  5. haruznya udah dri dulu kaya gini"
    kan emank seharusnya dipelihar oleh negara"
    kita doakan saja bangsa kita semakin membaik dan bsa bangkit dri keterpurukan ekonomi.

    BalasHapus
  6. wah, jd inget diskusi kita kemarin Pling? hehehe.. semakin baik ekonomi kita, bukan tidak mungkin program pensejahteraan makin optimal juga. selain itu harus tepat sasaran juga. jangan seperti kasus konversi minyak tanah yang bahkan orang mampu saja bisa dapat. sipp deh. thx :)

    BalasHapus
  7. wow peningkatan jaminan kesehatan bagi rakyat...semoga aja besok-besok pengobatan gratisnya bisa buat semua orang yang tidak mampu berobat karena kekurangan biaya...

    tapi jangan karena ini gratis terus pengobatannya jadi asal-asalan...semoga terealisasi dengan baik dan benar...

    BalasHapus
  8. @Anisa, bener, moga penanganan kasus kesehatan yang ada bisa dimaksimalkan :)

    @Abib, ueanakee.. hhe.. negara bangkrut sayy... ^.^

    BalasHapus