Sabtu, 09 Januari 2010

Kesaksian yang Kontroversial



Sebenarnya apa sih yang bikin kedatangan Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komjen (Pol) Susno Duadji di sidang Antasari dipermasalahkan Polri sampai semua fasilitasnya dicabut? Bajunya saat bersaksi? Jabatannya? Status beliau yang diduga menerima 10 miliar dari aliran dana Century? Atau apanya? Sampai sampai densus 88 sowan ke rumahnya segala dini hari tadi.

Susno membuat kegegeran dengan hadir dan bersaksi untuk meringankan terdakwa Antasari Azhar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam kesaksiannya, Susno buka-bukaan soal BAP Williardi Wizar, dan kasus Antasari. Secara berani beliau mengungkap adanya tekanan dalam pembuatan BAP Williardi Wizar. Yang berbuntut Susno terganjal dugaan pelanggaran disiplin dan kode etik lantaran menjadi saksi bagi Antasari.

Memang serba salah. Kalau beliau tidak datang, nanti media malah memberitakan, “Kabareskrim mangkir”. Tentu tak enak didengar kan? Di media sudah dijelaskan kalau Susno sudah ijin dengan Kapolri. Lha ko malah masih masalah?

Padahal beliau sendiri mengaku menjadi saksi mewakili diri sendiri, Bersaksi atas apa yang diketahui. Dan semua terserah hakim mau menerima atau tidak. Tapi malah Susno disidangkan oleh Polri yang rencananya akan di akan dipimpin langsung Wakapolri Komjen Pol Yusuf Manggabarani atau Irwasum Irjen Nanan Soekarna.

Kasus Antasari memang mengaitkan banyak pihak dan kepentingan. Saling berkorelasi dengan berbagai kasus yang sedang banyak disorot. Banyak yang berusaha menutupi cahaya yang bisa memberi titik terang atas masalah ini. Semoga keadilan bisa segera mengungkap siapa siapa yang menjadi dalangnya. Bisa mengembalikan hak hak yang telah dicabut. Serta menghukum siapa yang seharusnya. Semoga keadilan di Indonesia bisa benar - benar melawan impunitas dan memberi kebenaran ideal secara moral dan etika. Tidak pada ceremonial saja.


Sumber Foto:

http://www.jakartapress.com/demo/news/images/9243/Kapolri-Tantang-Pengacara-KPK-Lapor-SBY.jpg

12 komentar:

  1. heem aku nontonin mpe selese persidangannya...seru og...mukanya antagonis2 gmn..tp kata ibukku pak susno tu sakit stroke jadi wajahnya emg kayak gitu...

    jadi penasaran siapa yang bener siapa yang salah...

    BalasHapus
  2. iyaa susno juga sempat mau nagis kan saat dipersidangan..
    semoga kebenaran cepat terungkap:D

    BalasHapus
  3. saatnya hati berbicara, siapa yang benar dan siapa yang salah

    BalasHapus
  4. harusnya sie ga ada masalah klo Om Susno jadi Saksi persidangan klo memang dia ada hubungan dengan kasus yang sedang disidangkan alias dia bisa membantu memperjelas kebenaran yang ada.

    klo masalah birokasinya sie ga terlalu ngerti pi masa sie aturannya mempersulit untuk jadi saksi, toh bukannya Polisi harusnya memberikan keadilan dan mengungkap kebenaran, katanya lagi Reformasi Birokrasi???

    kesaksian Om Susno yang sekarang kayanya jadi masalah besar bagi Kepolisian cm ulah beberapa Oknum aja sie.. Oknum yang mungkin sedang berusaha menggeser opini publik karena perkembangan pengadilan yang sepertinya sekarang lebih banyak meringankan Antasari.
    Kalo memang Om Susno salah uda masuk penyelidikan Provos mungkin hehehe bukan kaya sekarang yang Om Susno bilang pengawal pribadi, Ajudan dan Sopirnya ditarik.

    BalasHapus
  5. jadi sekarang ceritanya pak Susno ngebelain pak Antasari?

    BalasHapus
  6. Pak Susno gak mau jadi tumbal Sendirian,
    pokoknya mau cari temen yang banyak nati kalo jatuh...hahahaah

    BalasHapus
  7. Anisa n Ria, iya, semoga segera terungkap siapa yg salah. lha piye? beliau kan manusia juga. bisa menangiss,, jangan samakan dengan pisau belatii...

    @Abib, sinergikan dengan logika tentu saja :)

    @Pambem, lha emang uda dtarik smuanyaa.. mau daftar jd ajudannya mas? hehehe.. reformasi birokrasi, perlu itu!

    @Kiki, huuh Ki. kata dalangnya gitu, bosen cicak buaya mulu. hehehe..

    @Ucil, bisa aja bener juga tu katamu. hehe.. wez smoga cpet clear yahh.. :)

    BalasHapus
  8. mengutip lirik lagu dari Franky Sahilatua:
    "aku heran..aku heran..yang salah dipertahankan...
    aku heran..aku heran.. yang benar disingkirkan.."
    Perahu negeri ini semoga dapat segera diperbaiki setelah sempat mau retak..
    retak karena akhlqnya yang belum mencerminkan karimah..
    kebenaran semoga cepat terungkap..

    BalasHapus
  9. semua nahkoda tentu punya cara sendiri mengarahkan perahunya..
    bahkan jika ada keretakan yang mengakibatkan limbung kapal..
    ya.. smoga smua segera terungkap.. keadilan bekerja sesuai sistem yang ideal.. semoga... :)

    BalasHapus
  10. iya ni,publik jadi bertanya2 tentang kasus ini,siapa sebenarnya yg salah dan siapa yg sebenarnya yg memang benar.Kasian aja dalam kasus ini banyak pihak2 yg ga salah tapi jadi korban.Semoga cepat terungkap,karena yg benar pasti menang.

    BalasHapus
  11. hayu..
    sebenarnya pak polisi kita yang di atas lagi punya rahasia apa ya ??
    selalu bermasalah aja..

    BalasHapus
  12. Ita. yup yup. sekarang malah bergulir seperti bola salju. smoga kebenaran segera terungkap! ^-^

    Nosi. mari kita investigasi. wkwkwk.. yakin aja. peradilan kita tak lagi mandul!

    BalasHapus